Jumat, 16 Januari 2009

Menghiasi teras dengan banyak tanaman

Menghiasi Teras dengan Banyak TanamanRabu, 30 April 2008 22:01:07
posted by kontan on 05/12/07
KEHADIRAN tanaman, selain sedap dipandang, juga memberikan kesegaran udara baik di teras maupun bagi ruangan lainnya di rumah. Lalu, tanaman apa saja yang cocok bagi ruangan ini?
Omar Samuel, Ketua Umum Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia, menyarankan agar tanaman yang menghiasi teras adalah yang mudah dan tidak rewel perawatannya. "Tanaman rambat atau tanaman gantung lebih bagus," ujarnya memberi saran.
Bila memakai tanaman rambat, Anda bisa menambahkan medium tiang atau atap bambu yang memakai plastik tahan air. Selain kelihatannya asri dan teduh, tanaman ini juga relatif gampang dipelihara. Contohnya alamanda, air mata pengantin, nona makan sirih, sirih gading, atau florida beauty.
Menurut Maria Nurani, pakar tanaman dari kebun Toekangkeboen, tanaman teras jarang berukuran gede
karena keterbatasan lahan. Yang paling besar sebesar tumbuhan semak. Pilihannya berkisar pada tumbuhan bugenvil, kaca piring, palem, pandan bali, dan pisang kipas yang berukuran kecil.
Lazimnya, orang menggunakan rak atau pot gantung yang bisa menampung lebih banyak jenis tanaman. Rak pot yang dijual di pasaran bentuknya bermacam-macam. Yang dekoratif terbuat dari rangka besi yang dibentuk dengan cantik.
Agar tak terlalu berat, biasanya rak memuat pot bertumbuhan kecil dan berbunga. Seperti adenium dan euphorbia, dua tanaman yang tengah naik daun. Boleh juga kastuba, tanaman berdaun merah dan hijau, serta bunga aster warna-warni dan anthurium bunga. "Banyak orang memang cenderung memasang tanaman berbunga agar keindahannya maksimal," ucap Maria.
Untuk pot yang ditaruh di lantai, biasanya isinya tanaman besar memakai pot berkaki. Untuk yang lebih kecil, kini banyak tersedia aneka pot plastik yang sedang populer. Pilihan lain, ada pot pilar, yakni pot berbentuk kotak yang memanjang ke atas.
Supaya hemat, Maria mengusulkan pemakaian pot besar yang bisa memuat bermacam tanaman. "Dalam pot itu, tak ada batas antar tanaman. Jadi, bisa diatur gradasi warnanya agar makin ciamik," imbuhnya.
Di tanah yang berbatasan dengan teras, cocok ditanami tumbuhan perdu agar air hujan yang jatuh tak memantul balik dan masuk ke teras.
Maria menyarankan Anda memilih tanaman teh-tehan, krokot, oleander, bungur, dan palem ekor tupai.
Bila ingin perdu yang menebarkan wangi, pilihlah tanaman melati. Jika ingin tanaman perdu berbunga, ada pula jenis baby rose. "Bagi yang ingin tanaman cepat rimbunnya dan berbunga semarak, pilihlah lantana," ucap Maria.
Dian Prasomya Ratri

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail